• Shader adalah sebuah tambahan yang digunakan dalam 3D
software tertentu dalam proses special rendering. Biasanya shader diperlukan
untuk memenuhi kebutuhan special effect tertentu seperti lighting effects,
atmosphere, fog dan sebagainya.
Jenis-Jenis Shader:
-Anisotropic adalah material dengan highlight berbentuk
ellipse.Biasanya digunakan untuk benda dengan bentuk memanjang
-Blin adalah materian yang mensimulasikan efek logam
-Metal adalah material yang mensimulasikan efek logam
-Multi Layer adalah material dengan highlight berlapis dan
lebih kompleks dibandingkan Anisotropic
-Oren Nayar Blinn adalah material yang sedikit redup dan
rata dibandingkan blinn,misalnya untuk karpet
-Strauss adalah material dengan permukaan metalik atau non
metalik,namun dengan pengaturannya yang lebih sederhana dibandingkan jenis
lainnya
-Phong adalah material dengan highlight bulat dan lebih
tajam dibandingkan Blinn
Face Map
Face Map dalam
keadaan mati,map akan digambar pada satu objek.Dalam keadaan aktif,map akan
digambarkan di setiap permukaan object
2 Sided
2 sided
mengaktifkan material dua sisi,objek dirender pada bagian luar dan dalam di
setiap sisinya.Hanya berpengaruh pada material yang tembus pandang,yaitu wire
dan transparan
Faceted
Merender objek
dengan segmen-segmen yang tajam atau tegas,sehingga objek seolah-olah terdiri dari
kumpulan permukaan datar
Ambient
Warna objek yang
terjadi di area bayangan.Dapat dikatakan,ambient adalah area yang tidak terkena
cahaya
Difuse
Warna objek yang
terjadi akibat adanya cahaya.Dapat dikatakan,bahwa diffuse merupakan warna yang
sebenarnya atau warna asli dari objek
Specular
Warna objek pada
are yang berkilau atau mengkilat,sering disebut highlight.Lokasi gambar
tergantung dari lokasi sumber cahaya
Self illumination
Memilih map untuk
mengontrol tingkat iluminasi pada bagian-bagian objek.Semakin terang warna
pixel,semakin terang pulang iluminasi pada bagian objek tersebut
Opacity
Memilih map untuk
mengontrol bagian yang transparan.pixel hitam akan menciptakan area yang
transparan penuh,pixel putih akan menciptakan area yang padat,dan warna selain
itu akan menciptakan area semi transparan
Falloff
Mengatur cakupan
area yang dipengaruhi oleh soft selection,dari titk pusatnya (sub-object
terpilih)
Falloff In
Mengatur cakupan
area yang dipengaruhi oleh soft selection,dari titk pusatnya (sub-object
terpilih) yaitu bagian tengah (In) objek
Falloff Out
Mengatur cakupan
area yang dipengaruhi oleh soft selection,dari titk pusatnya (sub-object
terpilih) yaitu bagian pnggir (out) objek
Filter Color
Memilih map untuk
yang akan dicampurkan pada latar belakang material transparan
Subtractive
Menentuka
map/warna yang terjadi saat terhalang oleh material transparan berupa warna/map
yang lebih gelap
Additive
Menentuka
map/warna yang terjadi saat terhalang oleh material transparan berupa warna/map
yang lebih terang
Texture mapping
Suatu teknik untuk
menirukan detail permukaan dengan pemetaan gambar (tekstur )menjadi polygons
Mapping coordinate
Untuk menentukan
posisi kordinat dalam pemetaan gambar objek 3D
sumber :
sumber :
No comments:
Post a Comment